Tasmiyah
- makna ismullaah, yaitu mencakup seluruh nama-nama Allah- makna lafadz jalaalah Allah, yaitu dzat yang disembah, yang diibadahi, yang berhak diesakan dalam peribadatan; karena Dia disifati dengan sifat-sifat uluhiyah yang merupakan sifat-sifat yang sempurna
Arrahmaan Arrahiim
- makna / terjemahan, yaitu yang maha pemurah, lagi maha penyayang- kaedah : "beriman dengan nama-nama Allah dan sifat-sifat-Nya serta hukum-hukum sifat tersebut."
Ayat 1
- makna "alhamdulillaah", yaitu pujian atas Allah karena sifat-sifat-Nya yang sempurna dan perbuatan-perbuatan-Nya yang didasari kebaikan dan keadilan. Dan hanya milik Allah segala pujian yang sempurna dari segala sisi.- dua macam tarbiyah
Ayat 3
- makna "maalik", yaitu yang menguasai- makna yaumuddiin, yaitu hari kiamat, hari di mana manusia dibalas amalan-amalan baik dan buruk mereka
Ayat 4
- kaedah "pendahuluan ma'muul, memberikan faedah pembatasan". Sehingga maknanya ialah 'Kami menyembah kepadamu dan tidak menyembah kepada selainmu, kamimeminta pertolongan kepadamu dan tidak meminta pertolongan kepada selainmu.'
- definisi ibadah, yaitu nama yang mencakup segala sesuatu yang dicintai dan diridhai Allah dari perkataan-perkataan atau perbuatan-perbuatan, baik zahir maupun batin.
- dua syarat diterimanya ibadah, yaitu ikhlas dan mutaaba'ah
- pentingnya isti'aanah dalam setiap ibadah
Ayat 5 - 7
- makna shiraathal mustaqiim, yaitu mengetahui kebenaran, dan mengamalkannya- 'ihdinash shiraathal mustaqiim', mencakup dua hal :
1. hidaayah ilash shiraat, yaitu berpegang teguh dengan islam, dan meninggalkan agaman-agama selainnya
2. hidaayah fish shiraat, mencakup hidayah kepada seluruh rincian-rincian agama islam, baik secara ilmu maupun amal
- doa ini merupakan diantara doa yang paling lengkap, dan paling bermanfaat bagi hamba; oleh karena itu, kita diwajibkan utk membacanya setiap rekaat dalam shalat.
faedah lain dari surat al faatihah
- mengandung 3 macam tauhid- mengandung penetapan terhadap kenabian
- mengandung penetapan terhadap takdir, dan pembalasan terhadap amal hamba
- mengandung bantahan terhadap semua ahli bid'ah
بِسْمِ
اللَّهِ
(Dengan
menyebut nama Allah)
-
{بِسْمِ اللَّهِ} أي: أبتدئ بكل اسم لله تعالى
-
{اللَّهِ} هو المألوه المعبود، المستحق لإفراده بالعبادة، لما اتصف به من صفات الألوهية وهي صفات الكمال.
الرَّحْمَنِ
الرَّحِيمِ
(yang
maha pengasih lagi maha penyayang)
-
{الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ} اسمان لله
-
واعلم أن من القواعد المتفق عليها بين سلف الأمة وأئمتها، الإيمان بأسماء الله وصفاته، وأحكام الصفات.
الْحَمْدُ
لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ
(segala
puji bagi Allah Rabb semesta alam)
-
{الْحَمْدُ لِلَّهِ} [هو] الثناء على الله بصفات الكمال، وبأفعاله الدائرة بين الفضل والعدل، فله الحمد الكامل، بجميع الوجوه.
-
وتربيته تعالى لخلقه نوعان: عامة وخاصة.
مَالِكِ
يَوْمِ الدِّينِ
(yang
menguasai hari pembalasan)
-
المالك: هو من اتصف بصفة الملك
-
يوم الدين، وهو يوم القيامة، يوم يدان الناس فيه بأعمالهم،
إِيَّاكَ
نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِينُ
(hanya
kepadamu kami menyembah, dan hanya kepadamu kami mohon pertolongan)
-
لأن تقديم المعمول يفيد الحصر، وهو إثبات الحكم للمذكور، ونفيه عما عداه. فكأنه يقول: نعبدك، ولا نعبد غيرك، ونستعين بك، ولا نستعين بغيرك.
-
{العبادة} اسم جامع لكل ما يحبه الله ويرضاه من الأعمال، والأقوال الظاهرة والباطنة.
-
{الاستعانة} هي الاعتماد على الله تعالى في جلب المنافع، ودفع المضار، مع الثقة به في تحصيل ذلك.
-
وإنما تكون العبادة عبادة، إذا كانت مأخوذة عن رسول الله صلى الله عليه وسلم مقصودا بها وجه الله. فبهذين الأمرين تكون عبادة،
-
فإنه إن لم يعنه الله، لم يحصل له ما يريده من فعل الأوامر، واجتناب النواهي.
اهْدِنَا
الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيمَ *
صِرَاطَ
الَّذِينَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ غَيْرِ
الْمَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ وَلا الضَّالِّينَ
(tunjukkanlah
kami jalan yang lurus, yaitu jalan orang-orang yang telah engkau
berikan kenikmatan, bukan jalan orang-orang yang Engkau murkai, dan
bukan pula jalan orang-orang yang sesat)
-
أي: دلنا وأرشدنا، ووفقنا للصراط المستقيم ... وهو معرفة الحق والعمل به،
-
فاهدنا إلى الصراط واهدنا في الصراط.
-
فالهداية إلى الصراط: لزوم دين الإسلام، وترك ما سواه من الأديان،
-
والهداية في الصراط، تشمل الهداية لجميع التفاصيل الدينية علما وعملا.
-
-
فهذا الدعاء من أجمع الأدعية وأنفعها للعبد ولهذا وجب على الإنسان أن يدعو الله به في كل ركعة من صلاته، لضرورته إلى ذلك.
-
فتضمنت أنواع التوحيد الثلاثة
-
وتضمنت إثبات النبوة
-
وإثبات الجزاء على الأعمال
-
وتضمنت إثبات القدر
-
تضمنت الرد على جميع أهل البدع
0 komentar:
Posting Komentar